Rabu, 13/06/2018, 12:09:43
MPP Salurkan Zakat Mal kepada Mustahik
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Pegiat MPP secara simbolisi menyerahkan pembagian zakat mal untuk disalurkan kepada mustahik (Foto: Dok. Jefry)

PanturaNews (Brebes) - Masyarakat Peduli Pemekaran (MPP) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyalurkan pembagian zakat mal kepada mustahik atau yang berhak menerima yang diantaranya para fakir miskin dan anak yatim di enam kecamatan di wilayah selatan. Yakni, Bumiayu, Sirampog, Tonjong, Paguyangan, Bantarkawung dan Salem.

Ketua panitia penyaluran zakat mal MPP, Ahmad Ridwan mengatakan, zakat mala yang terkumpul dari penyerahan para muzaki atau orang yang mengeluarkan zakat, sebanyak Rp 79.600.000 (Tujuh puluh sembilan juta enam ratus ribu rupiah) dibagikan kepada fakir miskin dan anak yatim di 93 desa se-Brebes selatan.

"Perolehan zakat kami bagikan kepada fakir miskin dan anak yatim yang ada di Brebes selatan," kata Ridwan yang akrab dipanggil Ceper, Rabu 13 Juni 2018.

Pembagian zakat mal diserahkan ke masing-masing Kepala Desa untuk disalurkan kepada yang berhak menerimanya. Selain itu penyaluran juga dilakukan melalui beberapa ormas keagamaan untuk mempermudah penyaluran kepada yang berhak.

"Semua dibagikan, mal zakat itu dibagikan menjadi 1.592 amplop berisi masing-masing Rp 50 ribu, untuk mempermudah pembagian," ungkap Ceper.

Dikatakan, zakat mal yang terkumpul sebanyak Rp 79.600.000 merupakan penyerahan dari para muzaki kepada MPP untuk dibagikan kepada fakir miskin. Para muzaki percaya pada MPP yang merupakan komunitas para pegiat pemekaran Kabupaten Brebes.

Penyerahan penyaluran zakat mala kepada MPP merupakan bukti dukungan dari para warga muzaki terhadap pemekaran Kabupaten Brebes.

Seperti telah diketahui enam kecamatan yakni, Bumiayu, Sirampog, Tonjong, Paguyangan, Bantarkawung dan Salem, telah dinyatakan layak dan berpotensi menjadi daerah otonomi baru sesuai hasil kajian oleh Universitas Diponegoro (Undip) Semarang.

Hingga saat ini usulan pemekaran yang telah disetujui DPRD Kabupaten Brebes juga telah diusulkan ke Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah, Selanjutnya Pemprov akan menindaklanjuti usulannya ke Pemerintah Pusat.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita