Kamis, 28/06/2018, 14:10:57
Tuntut Galian C Ditutup, Warga Geruduk Balai Desa
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Sejumlah warga dan petugas keamanan menunggu di luar Balai Desa Kutamendala saat dilakukan mediasi (Foto: Dok/Zaenal Muttaqien)

PanturaNews (Brebes) - Sejumlah warga Desa Kutamendala, Kecamatan Tonjong, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah menggeruduk balai desa setempat, Kamis 28 Juni 2018.

Warga yang berjumlah sekitar 50orang dan berasal dari Dukuh Karangswah desa tersebut menuntut diberhentikannya aktivitas penambangan Galian C di Sungai Prupuk blok Dukuh Karut Karangsawah Utara.

Informasi yang dperoleh menyebutkan, warga menuntut agar Pemerintah Desa Kutamendala menghentikan kegiatan pengambilan batu dan pasir di Sungai Prupuk. Warga meminta aktivitas penambangan di Dukuh Karut itu dihentikan karena merusak lingkungan dan merugikan warga.

"Kami menuntut penambangan batu dan pasir di tempat itu dihentikan, sebab merusak lingkungan," kata Kholik salah satu koorditor aksi.

Aksi warga tersebut diterima oleh Sekretaris Desa Kutamendala Suhadi dan dilakukan mediasi dengan perwakilan warga Kholik dan Makmur didampingi pula petugas keamanan dari Polsek dan Koramil Tonjong.

Disepakati, pihak Pemerintah Desa menerima aspirasi warganya dan akan menindaklanjuti dengan menutup akses jalan menuju lokasi penambangan Galian C di Sungai Prupuk Dukuh Karut. Pemerinth Desa juga akan mensosialisasikan kepada para penambang adanya larangan penambangan batu dan pasir di Sungai Prupuk Dukuh Karut.

Merasa tuntutannya akan dipenuhi warga pengunjuk rasa kemudian membubarkan diri dengan tertib. Aksi yang berlangsung mulai pukul 08.00 hingga pukul 10.30 WIB itu berlangsung aman. Meski begitu tetap mendapat pengawalan dari petugas Polsek dan Koramil Tonjong.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita