PanturaNews (Brebes) - Tingkat partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya pada…" />
Kamis, 28/06/2018, 20:06:57
Partisipasi Pilgub Jateng di Brebes Meningkat
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Suasana perhitungan suara tingkat Pilgub tingkat kecamatan di Brebes (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Tingkat partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilihan Gubernur (Pilgub) dan Wakil Gubernur, Jawa Tengah (Jateng), 2018, di Kabupaten Brebes meningkat dibanding pada Pilgub 2013 lalu.

Pada Pilgub 2018 ini, tingkat partisipasi warga di Kabupaten Brebes dalam menggunakan hak suaranya mencapai 55 persen. Dibanding pada Pilgub Jateng 2013 lalu, jumlahnya hanya mencapai 48 persen.

"Ini menunjukan tingkat partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya pada Pilgub 2018 meningkat dibanding Pilgub Jateng 2013 lalu. Walaupun tidak signifikan," ujar Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Brebes, Muamar Riza Pahlevi, Kamis 28 Juni 2018.

Meningkatnya partisipasi warga dalam menggunakan hak pilihnya di ajang pesta demokrasi rakyat ini, kata Riza, karena beberapa faktor.

Salah satunya adalah, pelaksanaan Pilgub Jateng 2018, digelar pasca lebaran idul fitri, sehingga warga perantauan masih bisa menggunakan hak pilihnya dengan baik.

Dalam gelaran Pilgub Jateng 2018 ini, pihaknya memberikan apresiasi kepada seluruh elemen masyarakat yang ikut mensukseskannya. Dimana, pelaksanannya dapat berjalan dengan aman dan kondusif serta tidak adanya hambatan yang berarti.

"Kesuksesan jalannya Pilgub Jateng 2018 ini, juga tidak lepas dari peran besarnya aparat keamanan baik dari jajaran Polri dan TNI di Kabupaten Brebes. Termasuk, penyelanggara pemilu dari tingkat Kabupaten hingga desa," tutur Riza.

Terkait dengan tahapan Pilgub Jateng 2018, lanjut Riza, saat ini tengah dilakukan proses perhitungan suara di tingkat kecamatan, terhitung mulai 28 Juni (hari ini) hingga 1 Juli 2018.

"Setelah itu akan dilanjutkan tahapan perhitungan suara tingkat kabupaten, yang pelaksanaanya mulai 4-6 Juli 2018 mendatang," pungkas Riza.




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita