Kamis, 28/06/2018, 23:57:06
Habib Ali-Tanty Siapkan Ajukan Gugatan ke MK
LAPORAN NINO MOEBI & SL GAHARU

Habib Ali didampingi timnya menyatakan siap mengajukan gugatan ke MK (Foto: Nino)

PanturaNews (Tegal) - Pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tegal Nomor 4, KH. Habib Ali Zaenal Abidin, SE, MH dan Tanty Prasetyo Ningrum, SH, MM (Habib Ali-Tanty) yang diusung PKB dan Partai NasDem, menyiapkan tim advokasi untuk melakukan gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), terkait perbedaan hasil penghitungan suara Real Count KPU Kota Tegal dengan rekapitulasi C1 yang dihitung timnya.

Menurut Habib Ali, dari perhitungan timnya, pasangan Habib Ali-Tanty justru unggul 2 persen, berbeda dengan hasil sementara Real Count KPU yang memenangkan pasangan Dedy-Jumadi dengan selisih 271 suara.

"Kami sudah menyiapkan tim advokasi untuk melakukan gugatan terhadap KPU ke MK," terang Habib Ali saat menggelar pers conference di Gedung Alkharomain, Kamis 28 Juni 2018 siang.

Dikatakan Habib Ali, dasar timnya melakukan gugatan karena banyak menemui kejanggalan dalam penghitungan. Dia menyebutkan, diantaranya adanya Formulir C1 yang dimasukan dalam kotak suara, kemudian KPU membongkar kotak suara tanpa menghadirkan saksi.

"Selain itu, adanya keterlambatan penghitungan suara dan keterlambatan pembagian C6, serta masih banyak lagi kejangalan-kejangalan yang terjadi. Untuk itu tim kami sedang mengumpulkan bukti-bukti," ungkap Habib Ali.

Saat ditanya hasil rekapitulasi yang dilakukan Tim Habib Ali-Tanty, Habib Ali menolak membeberkan data tersebut. Dia beralasan, itu sebagai strategi dalam mengajukan gugatan hasil pilkada.

"Yang jelas selisihnya 2 persen. Tapi mohon maaf tidak bisa diungkapkan ke publik saat ini," tandas Habib.

Sementara Ketua KPU Kota Tegal, Agus Wijonarko, SH saat dikonfirmasi menyatakan siap menghadapi gugatan hasil pilkada dari paslon Habib Ali-Tanty. Disebutkan dia, dalam UU 8/2015 tentang Pilkada, paslon bisa mengajukan gugatan hasil pilkada jika selisih suara minimal dibawah satu persen.

"Dalam hitungan kami, Dedy-Jumadi mendapat 38.041 dan Habib Ali-Tanty memperoleh 37.770. Selisih suara hanya 271 atau 0,02 persen," jelas Agus Wijonarko.

Hasil lengkap (100%) Real Count KPU Kota Tegal dari 420 TPS: Pasangan Nomor 1: HM. Nursholeh dan H. Wartono (Nursholeh- Wartono) yang diusung Partai Golkar dan Partai Hanura meraih 21.029 suara (15,48%).

Pasangan Nomor 2, HA. Ghautsun dan H. Muslih Dahlan (Ghautsun-Muslih) dari jalur Perseorangan (Independent), meraih 17.189 suara (12,65%).

Nomor 3, H. Dedy Yon Supritono, SE, MM dan Muhammad Jumadi, ST, MM (Dedy-Jumadi) yang diusung Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) meraih 38.041 suara (28,01%).

Pasangan Nomor 4, KH. Habib Ali Zaenal Abidin, SE, MH dan Tanty Prasetyo Ningrum, SH, MM (Habib Ali-Tanty) yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) dan Partai Nasional Demokrat (NasDem), meraih 37.770 suara (27,81%).

Sedangkan pasangan Nomor 5, Herujito, S.IP dan Sugono (Heru-Gono) yang diusung Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), meraih 21.802 suara (16,05%).




 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita