Kamis, 30/08/2018, 15:44:07
Mahasiswa Akper Al Hikmah 2 Dilatih BTCLS
LAPORAN ZAENAL MUTTAQIEN

Mahasiswa Akper Al Hikmah 2 Benda mengikuti pelatihan BTCLS yang digelar bekerja sama dengan GADAR Medik Indonesia (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Akademi Keperawatan (Akper) Al Hikmah 2 Benda Kecamatan Sirampog, Brebes, Jawa Tengah, bekerja sama dengan Gadar Medik Indonesia memberikan pelatihan Basic Trauma Cardiac Life Support (BTCLS) bagi mahasiswanya. Kegiatan yang dilaksanakan selama lima hari itu diikuti mahasiswa semester V.

"Ini merupakan materi wajib bagi mahasiswa untuk mendapatkan sertifikat keahlian dan nantinya bisa bekerja atau praktek," ujar Pembantu Direktur (Pudir) I bidang kurikulum, Ahmad Zakiudin SKM SKep MKes, Kamis 30 Agustus 2018.

Menurutnya, pelatihan BTCLS diberikan agar peserta dapat memberikan pertolongan pada pasien gawat darurat. Pelatihan membekali perawat untuk dapat memahami dan mampu melakukan penanganan pasien dengan kegawatdaruratan, trauma dan kardiovaskular baik di area pra rumah sakit, intra rumah sakit, klinik maupun puskesmas.

"Materi ini menjadi materi wajib bagi mahasiswa Akper Al Hikmah 2 sebelum lulus," ujar Zakiudin.

Dikatakan, pelatihan BTCLS menjadi bekal persiapan sebelum bekerja di rumah sakit atau fasilitas pelayanan kesehatan lainnya. Calon perawat yang memiliki sertifikasi BTCLS akan lebih diprioritaskan oleh rumah sakit yang membutuhkan perawat.

"Biasanya BTCLS menjadi salah satu pelatihan yang disyaratkan dalam daftar kebutuhan pelatihan untuk persiapan akreditasi rumah sakit," ungkap Zakiudin.

BTCLS merupakan sekumpulan ilmu dan praktik yang sangat aplikatif untuk diterapkan baik area pra rumah sakit, intra rumah sakit maupun fasilitas pelayanan kesehatan lainnya.

"Dengan mengikuti BTCLS, maka mahasiswa keperawatan tingkat akhir akan lebih siap untuk bekerja dalam memberikan pelayanan kesehatan," kata Zakiudin.

Adanya pelatihan BTCLS ini menjadi nilai lebih bagi Akper yang berada di bawah naungan Pondok Pesantren Al Hikmah 2 Benda ini, karena selain mendasari pengetahuan agama dan ilmu keperawatan bagi mahasiswanya juga memberikan pelatihan yang aplikatif.

"Pelatihan BTCLS ini menjadi materi paling penting dan dicari," ucap Zakiudin.

Pelatihan BTCLS Akper Al Hikmah 2 dilaksanakan bekerja sama dengan GADAR Medik Indonesia. Beberapa instruktur diterjunkan untuk melatih peserta memberikan beberapa materi tentang kegawatdaruratan.

Setelah mengikuti pelatihan peserta harus menjalani tes. Peserta yang lulus dengan mendapat nilai yang ditentukan akan mendapatkan sertifikat lulus BTCLS.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita