Selasa, 04/09/2018, 20:20:49
Pejabat Brebes Terciduk Kasus Sabu, Bupati Prihatin
LAPORAN TAKWO HERIYANTO

Edi Hartono (tengah) Pejabat Kabupaten Brebes yang tercyduk kasus narkoba (Foto: Dok/PanturaNews)

PanturaNews (Brebes) - Seorang oknum pejabat Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes, Jawa Tengah, berinisial EH, diringkus Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal.

Oknum ASN yang bertugas sebagai Kasubag di Unit Layanan Pengadaan (ULP) Setda Pemkab Brebes itu, diringkus usai melakukan transaksi narkoba jenis sabu-sabu di Jalan Jenderal Soedirman Kota Tegal, 27 Agustus 2018 lalu.

Menyikapi hal itu, Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti mengaku prihatin atas kejadian seorang pejabat di jajarannya yang tersandung kasus narkoba, dan diciduk BBN.

Meski demikian, Bupati tetap akan menyerahkan proses hukum kepada pihak berwajib, dan akan menerapkan sanksi tegas terhadap pelanggaran berat tersebut.

“Saya prihatin atas kejadian ini, tetapi saya tetap akan menyerahkan sepenuhnya kepada pihak berwajib atas kasus tersebut,” ujar Bupati Brebes, Idza Priyanti ditemui usai mengikuti rapat paripurna DPRD Brebes, Selasa 04 September 2018.

Menurut Idza, proses hukum tetap harus berjalan, termasuk proses hukum menyangkut disiplin Aparatur Sipil Negara (ASN). Pasalnya, dalam aturan disiplin ASN sudah sangat tegas disebutkan seorang ASN dilarang terlibat atau mengkonsumsi narkoba. Di aturan itu, sanksinya juga sangat jelas dan tegas.

“Kalau memang terbukti, ASN ini akan dikenai sanksi sampai pemecatan dengan tidak hormat. Ini mengacu pada aturan yang berlaku,” tegas Idza.

Namun demikian, lanjut Idza, Pemkab Brebes dalam persoalan hukum terhadap seorang ANS, hanya bisa sebatas memberikan pendampingan.

“Adapun masalah lainnya, menjadi tanggung jawab dan risiko ASN bersangkutan,” tandasnya.

Diberitakan sebelumnya, Badan Narkotika Nasional (BNN) Kota Tegal, Jawa Tengah, berhasil menciduk seorang Pegawai Negeri Sipil (PNS) Kabupaten Brebes, Edi Hartono (48) warga Desa Gandasuli RT 05/05, Kecamatan Brebes, Kabupaten Brebes, Senin 27 Agustus 2018, di Jalan Jend Sudirman, Kota Tegal, Jawa Tengah.

Edi Hartono kedapatan membawa sabu seberat 0,8 gram. Lelaki gempal yang menjabat sebagai Kasubag Unit Lelang dan Pengadaan (ULP) Sekda, Kabupaten Brebes, kini menjadi tersangka dalam kasus narkotika.

Kepala BNN Kota Tegal, Drs Windarto, SSt MK kepada wartawan, Senin 03 September 2018 mengatakan, sebelumnya ada informasi dari masyarakat akan ada transaksi narkoba. Berkat informasi itu, sekitar pukul 22.30 WIB petugas BNN Kota Tegal, mengejar dan berhasil memberhentikan mobil Nissan March warna merah G 8962 PG di Jalan Jend. Sudirman, Kota Tegal yang dikendarai Edi Hartono. Ketika dilakukan penggeladahan di dalam mobil, ditemukan narkoba jenis sabu seberat 0,8 gram.

Karena bukti-bukti sudah kuat, dilakukan pemeriksaan lebih lanjut dan Edi Hartono kini meringkuk di tahanan BNN Kota Tegal.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita