Jumat, 14/09/2018, 19:41:15
Cari Teman Untuk Nyabu, Malah Ketangkap Polisi
LAPORAN JOHARI

Tersangka kasus narkoba kaos merah (tengah), usai diperiksa penyidik satnarkoba (Foto: Johari)

PanturaNews (Tegal) - Rudi Riswanto (33) warga Desa Kepandean RT: 03 RW: 04 Kecamatan Dukuhturi, Kabupaten Tegal, Jawa Tengah, ditangkap anggota Satnarkoba Polres Tegal Kota, di Jalan Layur Kelurahan Tegalsari, Kecamatan Tegal Barat, Kota Tegal, Jawa Tengah. Rudi ditangkap saat menunggu temannya untuk nyabu bareng, Selasa  28 Agustus 2018  sekitar pukul 14.15 WIB.

Menurut pengakuannya, barang haram itu ia beli dari serorang penjual, dengan cara transfer kemudian sabu diletakan di suatu tempat yang telah ditentukan. “Setelah saya transfer Rp 500 ribu, kemudian saya mengambil barangnya yang diletakan di suatu tempat di Jalan Si Pelem,” kata Rudi, Kamis 13 September 2018 di ruang penyidik Satnarkoba.

Saat ditangkap, lanjut Rudi, dia sedang menunggu teman untuk nyabu bareng. “Saya janjian sama teman, untuk nyabu bareng tapi malah keburu ditangkap,” imbuhnya.

Rudi mengaku sudah satu tahun mengkonsumsi sabu, tujuannya untuk menenangkan pikiran. “Sudah satu tahun saya nyabu, bukan untuk sex tapi untuk menenangkan pikiran,” ujarnya.

Kapolres Tegal Kota AKBP Jon Wesly Arianto SIK melalui Kasat Narkoba AKP Suharto SH membenarkan telah menangkap tersangka pemakai narkoba.

Menurutnya, selama digelarnya Operasi Antik Candi 2018, Polres Tegal Kota gencar mengosek pelaku narkoba baik pengedar maupun pemakai.

Sedangkan penangkapan pelaku itu, berkat informasi dari masyarakat yang mencurigai ada seorang laki-laki dengan ciri-ciri menggunakan sepeda motor Honda Vario warna putih silver, sering melakukan transaksi narkoba.

“Jadi informasinya dari masyarakat yang mencurigai pelaku sering transaksi narkoba,” ungkap Kasat.

Kemudian petugas melakukan penyelidikan terhadap seseorang sesuai dengan informasi tersebut, dengan metode survillence (pembuntutan secara terselung). Akhirnya, Selasa 28 Agustus 2018 sekitar pukul 14.15 wib, petugas  mencurigai seorang yang mengendarai sepeda motor Honda Vario techno warna putih bolak-balik melintas di Jalan Layur dari arah Selatan menuju ke Utara.

“Informasi dari masyarakat itu, kemudian kami tindak lanjuti dan hasilnya tidak mengecewakan karena saat ditangkap pelaku kedapatan menggegam sabu,” imbuhnya.

Saat disergap dan dilakukan penggeledahan, pelaku tidak bisa berkutik karena kedapatan menggenggam 1 (satu) paket sabu. Saat diinterogasi pelaku mengaku sabu tersebut miliknya, yang rencananya akan nyabu bersama temannya.

“Ngaku sih sedang mencari temannya yang janjian untuk nyabu bareng,” kata Kasat.

Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, pelaku akan dijerat  Pasal 112 ayat (1) UU RI No. 35 tahun 2009, tentang Narkotika. Petugas juga berhasil mengamankan barang bukti diantaranya, 1 (satu) paket Sabu dengan berat kotor 0,28 gram (ditimbang berikut plastik pembungkusnya), 1 (satu) unit Handphone merk Nokia type 105 warna hitam berikut kartu sim card-nya dan 1 (satu) unit Spm Honda Vario Techno warna Putih Silver No. Pol : G-3494-DQ, berikut kunci kontak dan STNKnya.



 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita