Rabu, 15/12/2010, 17:04:00
GTT Pertanyakan Pencairan Dana Tunjangan Fungsional
Takwo Heriyanto

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Sejumlah Guru Tidak Tetap (GTT) baik swasta maupun negeri yang ada di Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, mengadu ke Dewan Pendidikan Kabupaten (DPK) Brebes. Mereka mempertanyakan pencairan dana tunjangan fungsional tahun 2010 sebesar Rp 220.000 dari pemerintah pusat (APBN), dan dana tunjangan kesejahteraan sebesar Rp 150.000 dari pemerintah provinsi Jawa Tengah yang tak kunjung dicairkan, Rabu 15 Desember 2010.

"Padahal sudah akhir tahun, tapi sampai saat ini dana yang dijanjikan itu belum dicairkan," kata Anggota Forum Guru Swasta (Forgusta) Kabupaten Brebes, Zaki.

Menurutnya, hingga saat ini para GTT belum menerima sepersen pun dana tunjangan tersebut. Padahal dana itu sangat dibutuhkan sekali, mengingat honor yang diterima dalam setiap bulannya hanya berkisar antara Rp 50 sampai Rp 150 ribu.

"Sebenarnya permasalahan ini sudah disampaikan kepada Dinas Pendidikan Kabupaten Brebes berkali-kali, tapi dari dinasnya justru mengatakan kalau dana tunjangan fungsional itu adalah urusannya pemerintah pusat," ujar Zaki.

Pihaknya mengancam jika Dinas Pendidikan tidak bisa membantu persoalan tersebut hingga akhir Desember 2010, maka akan melakukan aksi demo besar-besaran. "Kalau ternyata tidak bisa membantu mencairkan dana tunjangan tersebut, maka bila perlu Pemkab Brebes harus menggantikan Kepala Dinas Pendidikan," imbuhnya.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Ketua GTT dan PTT, Irwandi menyebutkan jumlah GTT di Kabupaten Brebes yang masuk validasi APBN mencapai 1.663. Sedangkan yang masuk validasi APBD mencapai 4.000 lebih. Dengan demikian, terdapat ribuan GTT yang belum menerima dana tunjangan tersebut.

Sekretaris Dewan Pendidikan Kabupaten Brebes, Wijanarto SPd mengatakan pihaknya akan berupaya menjembatani permasalahan GTT yang belum menerima dana tunjangan fungsional, baik dari pusat maupun provinsi. "Kami akan berusaha menjembatani masalah ini secara bertahap, dengan meminta penjelasan kepada Kepala Dinas Pendidikan," ucapnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita