Kamis, 22/09/2011, 17:28:53
Debit Air Kaligiri Meningkat, PDAM Beri Bantuan Ternak
Zaenal Muttaqin

Muflihin SE, Pimpinan PDAM Unit IKK Tonjong (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, akan memberikan bantuan hewan ternak kepada kelompok tani ternak Desa Kaligiri, Kecamatan Sirampog. Bantuan dimaksud untuk meningkatkan kerjasamanya dengan masyarakat, dalam menjaga kelestarian sumber mata air Kaligiri.

Hal itu diungkapkan oleh Pimpinan PDAM Unit Ibu Kota Kecamatan (IKK) Tonjong, Muflihin SE. "PDAM akan berikan bantuan hewan ternak kambing untuk kelompok tani ternak di sekitar mata air Kaligiri," katanya kepada PanturaNews.Com, Kamis 22 September 2011.

Menurutnya, bantuan ternak diberikan sebagai bentuk kerja sama dan kepedulian kepada masyarakat yang telah menjaga kelestarian sumber mata air dengan penanaman rumput gajah di kawasan hutan sekitar mata air. Keberadaan rumput gajah itu telah memberikan manfaat yang besar sebagai penyangga air yang telah meningkatkan debit air.

"Semula debit sumber mata air Kaligiri sebesar 25 liter per detik, dengan adanya penanaman rumput gajah oleh warga debitnya bertambah menjadi 35 liter per detik," tutur Muflihin.

Meski begitu, rumput gajah yang telah banyak ditanam itu belum banyak dimanfaatkan oleh masyarakat untuk makanan ternak. Dengan bantuan ternak nantinya selain untuk memanfaatkan rumput gajah, juga akan menambah pendapatan ekonomi bagi warga.

"Dengan bantuan hewan ternak kambing diharapkan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi dan warga akan lebih sungguh menjaga kelestarian lingkungan dengan menanam rumput gajah," jelasnya.

Dalam pemberian bantuan itu, PDAM bekerjasama denga Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) setempat. Bantuan dengan sistim gaduh itu rencananya dilaksanakan secara bergulir. "Rencana kami akan berikan 10 ekor kambing dan nantinya diharapkan bisa bergulir untuk semua anggota kelompok tani ternak," pungkas Muflihin.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita