Senin, 16/01/2012, 12:13:11
Demo Tolak Bawang Impor, Massa Nyaris Bakar Toko
Takwo Heriyanto

Aksi massa menolak bawang impor di depan pasar bawang Klampok macetkan lalulintas jalur pantura. (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Aksi demo menolak bawang impor yang dilakukan ribuan petani di depan Pasar Bawang Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, nyaris membakar Toko Surabaya yang diketahui kerap menerima pasokan bawang dari luar negeri, Senin 16 Januari 2012 mulai pukul 09.30 WIB.

Namun aksi tersebut berhasil digagalkan oleh ratusan aparat keamanan dari Polres Brebes, yang sebelumnya telah siap siaga menjaga Toko Surabaya. Kendati aksi massa itu digagalkan, namun massa melempari toko bawang impor itu dengan batu yang diambil dari sepanjang jalur pantura.

Massa yang terdiri petani dari berbagai daerah seperti Brebes, Cirebon, Tegal dan Pemalang serta daerah lain di Jawa Tengah ini, memacetkan jalur pantura dari arah Cirebon menuju Tegal hingga sekitar 10 kilometer,

Dari pantauan PanturaNews, aksi massa turun ke jalan pantura ini sempat membuat petugas keamanan kewalahan menghadapinya.

Ketua Kontak Tani Nelayan Andalan (KTNA) Brebes, Juwari, disela-sela aksi demo mengatakan, bawang impor menyebabkan anjloknya harga bawang merah dan mengakibatkan petani miskin.

Mereka kini tidak mampu membiayai sekolah anak, karena harus menanggung kerugian besar. Bahkan saat ini, banyak petani yang meminta surat keterangan miskin dari pemerintah desa.

Karena itu, para petani melakukan aksi turun jalan, menuntut agar pemerintah pusat menghentikan impor bawang merah. Impor mengakibatkan harga bawang merah lokal anjlok dari Rp 2.000 per kilogram hingga Rp 2.500 per kilogram.

Harga tersebut jauh di bawah titik impas biaya produksi, yaitu sekitar Rp 5.000 per kilogram. Harga rendah sudah berlangsung sekitar enam bulan terakhir.

Hingga berita ini diturunkan, Senin 16 Januari 2011 pukul 11.45 WIB, aksi demo petani menolak bawang impor masih berlangsung, dengan pengawalan ketat aparat keamanan dari Polres Brebes.


 
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita