Rabu, 25/07/2012, 02:56:44
Ratusan Ton Bawang Merah Brebes Ekspor Ke Thailand
Takwo Heriyanto

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Menyusul produksi petani bawang merah yang melimpah karena panen raya, ratusan ton bawang merah asal Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, setiap bulan diekspor ke Thailand dan Malaysia. Itu terlihat dari sejumlah kontainer yang mengantri di beberapa gudang bawang, seperti di gudang HRD Klampok, Kecamatan Wanasari, Kabupaten Brebes, untuk diisi bawang merah.

Beni Santoso, pedagang bawang sekaligus pemilik gudang bawang HRD Klampok mengatakan, ekspor bawang ke Thailand dan Malaysia itu biasanya dilakukan setiap bulan Juli hingga November, dimana produksi petani sedang melimpah.

"Tahun ini ekspor yang kami lakukan terbilang lebih awal, karena biasanya kami baru kirim ke luar negeri sekitar bulan September," terangnya.

Menurutnya, dalam satu minggu rata-rata tiga kali kirim sebanyak 12 kontainer atau 336 ton. "Jadi selain impor, kami juga melakukan ekspor bawang. Kalau ditotal, ekspor bawang dari Brebes sebanyak 20-25 kali setiap minggunya. Selain dari Brebes, ekspor juga dari Cirebon dan Jawa Timur," ujarnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita