Kamis, 25/10/2012, 10:23:15
Pemekaran Brebes, Forum Sebapa Sato Bumi Dibentuk
Laporan Zaenal Muttaqin

Ilustrasi

PanturaNews (Brebes) - Kepala Desa (Kades) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, yang ada di wilayah selatan sepakat membentuk forum komunikasi untuk memperjuangkan terwujudnya pemekaran. Pembentukan forum yang digelar di Ponpes Darun Najjah Pruwatan Kecamatan Bumiayu, Rabu 24 Oktober 2012 sore, dihadiri perwakilan Kades dan BPD.

"Kades dan BPD di wilayah selatan sudah sepakat untuk membentuk forum komunikasi untuk mewujudkan pemekaran," kata notulen pertemuan, Syamsul Ma'arif SS.

Peserta pertemuan menyepakati forum itu dengan sebutan Forum Komunikasi Kades dan BPD Sebapa Sato Bumi, singkatan dari Salem Bantarkawung Paguyangan Sirampog Tonjong Bumiayu.

"Brebes bagian selatan yang terdiri dari enam kecamatan, yakni Salem, Bantarkawung, Paguyangan, Sirampog, Tonjong dan Bumiayu sudah bulat untuk mekar dari Kabupaten Brebes," kata Syamsul.

Forum ini diketuai oleh Kades Pamijen Bumiayu, Zaenal Arifin Sag, Sekretarisnya Akhmad Riyadi SAg Kades Jipang Bantarkawung dan bendaharanya Suid Nurohman Kades Pagojengan Paguyangan. Selanjutnya forum ini akan segera bekerja untuk mewujudkan pemekaran.

"Tujuan pembentukan Forum Kades dan BPD Sebapa Sato Bumi ini, untuk memenuhi syarat administrasi pembentukan kabupaten baru," ujar Zaenal Arifin selaku ketua forum.

Menurutnya, dasar pembentukan forum adalah amanat Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2004 yang diturunkan melalui Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 78 Tahun 2007 Bab 3 poin a. Aspirasi sebagian besar masyarakat setempat dalam bentuk Keputusan BPD untuk Desa dan Forum Komunikasi Kelurahan atau nama lain untuk Kelurahan di wilayah yang menjadi calon cakupan wilayah provinsi atau kabupaten/kota yang akan dimekarkan. "Kita akan perjuangkan pemekaran ini sesuai aturannya," tutur Zaenal.

Dikatakan, selanjutnya forum akan segera bekerja sesuai agenda yang direncanakan untuk terwujudnya pemekaran. Agenda yang telah disiapkan diantaranya, membentuk koordinator pemekaran di masing-masing kecamatan, mensosialisasikan pemekaran ke desa-desa, mengeluarkan keputusan BPD dan Desa tentang kesepakatan membentuk kabupaten baru, melakukan kajian daerah bersama tim asistensi, memetakan wilayah calon kabupaten, dan mengusulkan pembentukan kabupaten baru kepada DPRD dan bupati.

"Agenda yang cukup padat itu akan segara dilaksanakan dalam waktu dekat ini," tandas Zaenal.

Pada pembentukan forum itu dihadiri para tokoh masyarakat diantaranya KH Aminudin Mashudi yang juga Pengasuh Pondok Pesantren Darun Najjah Pruwatan. Ikut menyaksikan pula para aktivis LSM yang ada di Brebes bagian Selatan.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita