Rabu, 14/11/2012, 08:14:58
Pawai Taaruf Hijriyah Diikuti Ribuan Pelajar
Laporan Takwo Heriyanto

Ribuan pelajar mengikuti pawai menyambut datangnya tahun baru (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Suasana meriah terlihat di berbagai sudut Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, menyambut Tahun Baru Islam 1434 Hijriyah. Ribuan pelajar Kelurahan Pasarbatang Brebes misalnya, menyambut datangnya tahun baru dengan pawai ta’aruf dengan berjalan kaki keliling kelurahan Pasarbatang, Rabu 14 November 2012.

Pawai yang digelar Yayasan Islamic Centre itu diikuti ribuan siswa dari berbagai sekolah, dari jenjang pendidikan PAUD, TK, SD, SMP/MTs hingga SMA/sederajat. Start pawai dimulai dari lapangan Islamic Centre Brebes. Selanjutnya menelusuri sejumlah ruas jalan utama Kelurahan Pasarbatang, sehingga sempat memacetkan arus lalu lintas.

Tampak peserta pawai dengan penuh gembira memakai berbagai busana muslimah dan pakaian adat setempat. Ada pula yang memerankan kehidupan sehari-hari sebagai petani bawang, guru, pegawai, peronda dan lainnya.

Sambil melantunkan shalawat badar dan lagu-lagu Islami, para pelajar ikut mengusung replika Al-Quran, Masjid bahkan Kabah. Juga gambar wali songo da poster berisi pesan menjauhi maksiat. Sementara ratusan warga memadati pinggiran jalan-jalan yang jadi rute pawai.

Lurah Pasarbatang Asif Fauzan melepas kegiatan tersebut dengan mengibaskan bendera start. Dalam kata sambutannya dia mengajak kepada peserta pawai untuk memaknai kehidupan yang silam sebagai pelajaran yang perlu diambil hikmahnya. Sedangkan untuk masa yang akan datang harus bertekad lebih baik ketimbang tahun yang lalu.

Ketua Panitia H Abdul Haris menjelaskan, lebih kurang 2500 peserta ikut andil dalam kegiatan tahunan ini. Antara lain dari MAN Brebes, MTs N Brebes, MTs Maarif Brebes, STAI Brebes, PAUD Islamic Centre, PAUD Nurul Ulum Pasarbatang, SD N 1,2,3 dan 4 Pasarbatang, MI Raudlatul Tholibin dan warga masyarakat Pasarbatang.

Selain pawai, lanjut Haris, Tahun Baru Islam 1434 Hijriah juga dilakukan doa akhir tahun dan awal tahun di Masjid Al Mukaromah Islamic Centre, Sunatan Masal dan santunan anak Yatim, serta pengajian umum. “Sebanyak 30 anak yang bakal dikhitan pada Minggu 18 November,” terangnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita