Jumat, 21/12/2012, 10:20:12
Pemkab Alokasikan Dana Kematian Sebesar Rp 2,46 Miliar
Takwo Heriyanto

Wakil Bupati Brebes, Narjo

PanturaNews (Brebes) - Wakil Bupati Brebes, Narjo menyatakan sebagai bentuk komitmennya bersama Bupati Hj. Idza Priyanti dalam mewujudkan janjinya saat kampanye Pemilukada Brebes lalu, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) setempat, mengalokasikan program dana kematian bagi warga tidak mampu di wilayahnya di APBD tahun anggaran 2013 sebesar Rp 2,46 Miliar.

"Oleh karena itu, kami berharap dalam pelaksanaannya nanti harus sesuai aturan dan tepat sasaran. Adapun terkait mekanismenya, kami akan berkoordinasi dengan dinas terkait," ujar Narjo usai mengikuti rapat Badan Anggaran (Banggar) DPRD Kabupaten Brebes, Kamis 20 Desember 2012, di DPRD setempat.

Menurutnya, pengalokasian dana kematian itu, tidak lain berkat apresiasi anggota DPRD yang tinggi terhadap beban yang dialami warga tidak mampu. Pihaknya juga sangat menaruh apresiasi anggota DPRD tersebut. Sebab, dana kematian itu dialokasikan demi kebersamaan rakya Brebes dan membantu masyarakat kurang mampu.

"Nantinya dari alokasi itu, setiap warga tidak mampu yang meninggal dunia akan mendapat bantuan Rp 1 juta," kata Narjo.

Ketua DPRD Kabupaten Brebes Dr H Illia Amin saat dikonfirmasi, membenarkan dana kematian itu sudah dialokasikan dalam rancangan APBD tahun 2013, yang kini sedang dalam pembahasan.

Dia menjelaskan, dari alokasi Rp 2,46 miliar tersebut, nantinya dari 8.000 angka kematian di Kabupaten Brebes yang dianggap layak menerima bantuan dana kematian tersebut hanya sebesar 2.460 orang. Adapun masalah teknis, menjadi kewenangan eksekutif. Apakah dana itu nantinya melalui Bidang Pemerintahan atau Bidan Kesejahteraan Sosial.

"Jadi, DPRD hanya sebatas mengalokasikan. Yang jelas, alokasi anggaran sudah ada, dan Insya Allah tahun depan bisa direalisasikan," tandas Illia Amin yang juga Ketua Badan Anggaran DPRD Brebes.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita