Kamis, 24/01/2013, 05:36:03
Pendirian Tower Selular Wajib Lengkapi Dokumen UKL-UPL
Laporan Riyanto Jayeng

Ilustrasi

PanturaNews (Tegal) - Penyedia jasa pendirian tower selular di Kota Tegal, Jawa Tengah, diwajibkan melengkapi dokumen UKL-UPL sebelum melaksanakan pendirian bangunan tower. Hal itu ditegaskan oleh Kepala Kantor Lingkungan Hidup (KLH) Kota Tegal, Sugiyanto, Rabu 23 Januari 2013. 

Menurut Sugiyanto, dasar pencantuman persyaratan itu adalah UU Lingkungan Hidup yang diimplementasikan di dalam Peraturan Menteri Lingkungan Hidup Nomor 13 Tahun 2010 tentang UKL-UPL dan SPPL.

“Pendirian tower itu pasti sedikit banyak menimbulkan dampak lingkungan dan dampak sosial. Dengan mensyaratkan dokumen UKL-UPL, bukan berarti pemerintah mempersulit proses perijinan, namun justru memberikan keleluasaan bagi penyedia jasa. Karena bangunan tower itu bukanlah bangunan sementara, tapi bangunan permanent yang berada di tengah masayrakat,”  kata Sugiyanto. 

Sugiyanto mengungkapkan, ketentuan persyaratan dokumen UKL-UPL bagi penyedia jasa tower baru diwajibkan di Kota Tegal mulai tahun 2013 sampai untuk selanjutnya. Saat ini, pihaknya sedang membuat konsep Perwalkot untuk mengatur teknis kewajiban kelengkapan dokumen UKL-UPL bagi pendirian tower selular.

“Dalam waktu dekat kami akan membentuk tim yang melibatkan beberapa SKPD guna membahas  drfa peraturan walikota terkait dokumen UKL-UPL yang nanti ditekankan pada kata wajib bagi pendirian tower selular,” ujarnya.

Sementara, Kabid Lingkungan Hidup KLH Kota Tegal, Erik berpendapat, perusahaan penyedia jasa pendirian tower pasti akan setuju dengan persyaratan dokumen UKL-UPL. Karena dokumen tersebut merupakan satu-satunya dokumen yang menjadi tameng bagi pendirian tower. “Proses menguru dokumen UKL-UPL bisa bersama konsultan perusahaannya sendiri atau kami bisa memfasilitasi bertemu dengan konsultan,” ujarnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita