Selasa, 19/02/2013, 07:21:25
Dana Santunan Kematian Segera Direalisasikan
Laporan Takwo Heriyanto

Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE

PanturaNews (Brebes) - Salah satu dari enam pilar program visi misi Bupati Brebes, Hj. Idza Priyanti, SE yang dijanjikan pada saat kampanye Pemilukada Brebes 2012 lalu, kini dalam waktu dekat segera direalisasikan. Salah satunya yakni memberikan dana santunan kematian bagi masyarakat miskin.

Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti SE mengatakan, dalam waktu dekat dana santunan kematian bagi masyarakat miskin seluruh Kabupaten Brebes yang dianggarkan melalui APBD 2013 sebesar Rp 2,5 miliar ini akan mulai disalurkan.

"Insya Allah kalau tidak ada kendala, penyaluran dana santunan kematian bagi warga miskin ini akan dimulai pada Kamis 21 Februari 2013 mendatang," ujar Idza Priyanti saat dikonfirmasi PanturaNews.Com, Selasa 19 Februari 2013.

Namun demikian, kata Idza, untuk kali pertama sebanyak 47 keluarga miskin yang tersebar di sejumlah kecamatan yang ada Kabupaten Brebes yang akan menerima dana santunan kematian tersebut.

Menurutnya, syarat untuk mendapatkan dana santunan kematian tersebut meliputi, surat keterangan kematian dari kepala desa/lurah, foto kopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Kartu Keluarga (KK) serta KTP asli Brebes bagi yang meninggal.

"Selain itu masih ada yang lainnya seperti, melampirkan foto kopi akta kelahiran/surat keterangan lahir dari desa dan surat nikah orang tua," terangnya.

Pemohon, lanjutnya, juga harus terdaftar dalam program Jamkesmas/Jamkesda atau Program Keluarga Harapan (PKH) atau data masyarakat benar-benar tidak mampu. Berdasarkan Peraturan Bupati (Perbub)  yang berlaku sejak 18 Januari 2013, ahli waris yang bisa mengajukan dan mendapatkan santunan hanya yang anggota keluarganya meninggal setelah tanggal 18 Januari kemarin.

“Namun masih ada ketentuan lainnya, yaitu tidak lebih dari satu bulan setelah tanggal kematian," tandasnya.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita