Senin, 18/03/2013, 01:22:32
Tegal Maritim 2013: Konsep Sinergitas Pembangunan
Laporan SL Gaharu

PanturaNews (Tegal) - Sebagai bagian dari program pembangunan jangka menengah Kota Tegal tahun 2009-2014, Tegal Maritim merupakan konsep sinergitas pembangunan dengan mengakselerasi potensi dengan kemaritiman, agar memberikan arah perbaikan dan peningkatan derajat kesejahteraan bagi masyarakat.

Dengan memberikan dorongan, dukungan, pendampingan terhadap sumber-sumber potensi alam yang ada, baik sektor riil dan jasa sehingga tercapai peningkatan pendapatan, kemandirian dan kesejahteraan masyarakat.

Kondisi ideal Tegal Maritim ini akan dicapai dengan strategi antara lain: Perbaikan managemen sumber daya perikanan melalui: Meningkatkan produktivitas perikanan dan kelautan melalui revitalisasi kapal dan alat tangkap yang ramah lingkungan, serta optimalisasi lahan pertambakan.

Meningkatkan kualitas penanganan dan pengolahan hasil perikanan dan perbaikan teknologi pengolahanan ikan. Meningkatkan akses pasar melalui penguatan jejaring pemasaran domestik dan internasional dan peningkatan kualitas produk industri perikanan.

Sedangkan pemerataan kualitas sumber daya manusia melalui: Meningkatkan produktivitas industri perkapalan melalui peningkatan kualitas melalui sumber daya manusia. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan kesejahteraan masyarakat, peningkatkan penyerapan tenaga kerja dan peningkatkan penghasilan masyarakat.

Untuk meningkatkan daya saing, di tempuh melalu strategi: Meningkatkan kualitas dan kuantitas infrastuktur kemaritiman, melalui peningkatan kualitas sarana dan prasarana pendukung perikanan dan kelautan. Meningkatkan kualitas dan daya saing pendidikan kemaritiman melalui penyediaan sarana dan prasarana yang memadai serta peningkatan jaringan kerjasama dengan stake holder kemaritiman.

Focus dan kegiatan pembangunan maritim di tahap pelaksanaan Tahun 2013: Meningkatkan produktivitas, daya saing dan pengelolaan sumberdaya perikanan dan kelautan. Dengan Sasaran: Meningkatnya produksi dan kualitas hasil perikanan tangkap dan budidaya. Meningkatnya ketersediaan  sarana dan prasarana perikanan. Meningkatnya kelestarian sumber daya pantai dan terjaganya kualitas perairan dari pencemaran lingkungan. Meningkatnya pemanfaatan teknologi dalam pengolahan hasil perikanan dan jaringan pemasaran hasil perikanan. Meningkatkan kesejahteraan masyarakat pesisir

Adapan sasaran meliputi: Meningkatnya kesejahteraan masyarakat pesisir. Meningkatnya pendapatan masyarakat pesisir. Meningkatnya penyerapan tenaga kerja pada sektor industri perikanan. Meningkatkan kualitas dan ketersediaan sarana dan prasarana kemaritiman

Sasaran berikutnya: Meningkatnya ketersediaan saranadan prasarana kemaritiman. Meningkatnya produktivitas perkapalan. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan kemaritiman. Meningkatkan ketersediaan sarana dan prasarana pendidikan sesuai kemaritiman. Meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan sesuai dengan standar nasional pendidikan.

Sementara dukungan bagi Program Tegal Maritim adalah, pemberdayaan masyarakat pesisir tidah hanya menjadi perhatian pemerintah Kota Tegal. Berbagai institusi dengan bidang kerja kemaritiman turut memberikan dukungan berupa program dan kegiatan yang berlokasi, maupun mengambil sasaran warga Kota Tegal. Salah satu dukungan dari kementrian perhubungan dengan membangun pelabuhan Niaga sejak tahun 2011.pada tahun 2013 pelaksanaan pembangunan memasuki tahap III dengan target output berupa groin sheetpile sepanjang 105 m berbiaya 10M. Proses pembangunan yang di targetkan selesai pada tahun 2015 ini akan mengubah kolam pelabuhan menjadi lebih dekat dengan laut lepas.

Selain itu Kementrian Kelautan dan Perikanan melalui Badan Penelitian dan Pembangunan Kelautan dan Perikanan (Balitbang KP), membentuk klinik Iptek Mina Bisnis (KIMBis) Kota Tegal sejak tahun 2012. Departemen Kelautan dan Perikanan yang telah lama mendirikan Balai Pendidikan dan Pelatihan Perikanan (BPPT), dan Sekolah Usaha Perikanan Menengah (SUPM) di Kota Tegal.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita