Selasa, 26/03/2013, 05:05:41
PKK Miliki Peran Strategis Dalam Pembangunan Desa
Laporan Zaenal Muttaqin

Ketua TP PKK Kecamatan Sirampog, Tjumjati Munaedi melantik 10 Letua TP PKK Desa (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Peranan PKK Desa/kelurahan sangat strategis mensukseskan pembangunan di wilayahnya masing-masing. Terutama melalui 10 Pokok Program PKK yang wajib dilaksanakan.

Hal itu disampaikan oleh Ketua Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, Srilegi Astuti Narjo saat menyampaikan sambutan pada acara pelantikan Ketua TP PKK desa di Kecamatan Sirampog, Senin 26 Maret 2013.

"PKK memiliki peran penting dalam pembangunan keluarga terutama di tingkat desa, karenanya 10 program pokok itu harus dilaksanakan secara baik," ujarnya.

Menurutnya, kesejahteraan keluarga menjadi tujuan utama PKK. Hal ini dikarenakan keluarga merupakan unit terkecil masyarakat yang akan berpengaruh besar terhadap kinerja pembangunan. Dari keluarga yang sejahtera ini, maka tata kehidupan berbangsa dan bernegara akan dapat melahirkan ketentraman, keamanan, keharmonisan, dan kedamaian.

"Dengan demikian, kesejahteraan keluarga menjadi salah satu tolok ukur dan barometer dalam pembangunan," kata Srilegi.

Dikatakan, PKK mempunyai peran untuk membantu pemerintah Desa dan Kelurahan dalam meningkatkan kesejahteraan lahir batin menuju terwujudnya keluarga yang berbudaya, bahagia, sejahtera, maju, mandiri, dan harmonis serta mempunyai peran dalam menumbuhkembangkan potensi dan peran perempuan dalam meningkatkan pendapatan keluarga.

"Selain itu, peran PKK sebagai penggali, pengembang potensi masyarakat khususnya keluarga, pembina, motivator, serta penggerak prakarsa, gotong royong dan swadaya perempuan dalam pembangunan sebagai bagian integral dalam mewujudkan pembangunan partisipatif," terang Srilegi.

Secara khusus, Srilegi juga meminta agar PKK di desa-desa dapat menggalakkan pendidikan anak usia dini dan juga meningkatkan pencegahan terhadap terjadinya kekerasan dalam rumah tangga (KDRT). "Dua hal, pendidikan anak usia dini dan pencegahan KDRT harus jadi perhatian dalam kegiatan PKK," tandasnya.

Sementara itu, Ketua TP PKK Kecamatan Sirampog, Tjumjati Munaedi dalam arahannnya kepada 10 ketua TP PKK Desa yang baru dilantiknya mengatakan, agar selalu mendukung tugas utama Kepala Desa (Kades) dalam membangun desanya. Mewujudkan 10 Progaom Pokok PKK merupakan wujud dukungan dalam memajukan desa.

"Sekali lagi laksanakan 10 Program Pokok yang telah disusun untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat di desa," katanya.

Ditambahkan, kegiatan pemberdayaan juga harus jadi prioritas utama, yang dapat diwujudkan dalam berbagai bentuk sesuai dengnan kondisi msayarakat di desa. Pembuatan kebun PKK dan kegiatan Jumat bersih juga dapat menjadi kegiatan rutin karena masfaatnya yang cukup besar.

"Kebun PKK dan juga gerakan kebersian tiap hari Jumat agar terus dilestarikan," ucap Tjumjati.

Sementara itu, 10 Ketua TP PKK Desa di Kecamatan Sirampog yang dilantik adalah: Ketua TP PKK Desa Wanareja, Prihati Gigih Kuspriyanto, Ketua TP PKK Desa Igirklanceng, Tuminah Agus Wuryanto, Ketua TP PKK Desa Dawuhan, Khulasoh Budi S, Ketua TP PKK Desa Kaligiri, Nachrowati Rosidin, Ketua TP PKK Desa Sridadi, Apipah Nasugiyanto, Ketua TP PKK Desa Mlayang, Khuriyah As'ari, Ketua TP PKK Desa Manggis, Mas'adah Mudakir, Ketua TP PKK Desa Kaliloka, Chamidah Nanang Khakim, Ketua TP PKK Desa Plompong, Siti Sapuroh Fatoni dan Ketua TP PKK Desa Benda, Riyanti Nahib Shodiq.

Pelantikan dilakukan oleh Ketua TP PKK Kecamatan Sirampog, Tjumjati Munaedi disaksikan oleh Ketua TP PKK Kabupaten Brebes, Srilegi Astuti Narjo. Setelah pelantikan dilanjutkan dengan rapat koordinasi yang membahas program kerja.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita