Rabu, 26/06/2013, 08:02:24
DPRD Brebes Terima Kunker DPRD Bandung
Laporan Takwo Heriyanto

DPRD Kabupaten Anggota Bandung saat ke DPRD Brebes (Foto: Takwo Heriyanto)

PanturaNews (Brebes) - Kabupaten Bandung, Jawa Barat, sebagai daerah yang maju dalam bidang industri dan ekonomi tidak terlepas dari masalah perburuhan. Para pekerja di daerahnya, menuntut agar ada kenaikan upah mimimun kabupaten dari Rp 1.250.000 menjadi Rp 1,5 juta.

Berkaitan dengan persoalan tersebut, Komisi D DPRD Kabupaten Bandung mengunjungi DPRD Kabupaten Brebes untuk studi banding tentang Ketenegakerjaan di kedua daerah tersebut, Rabu 26 Juni 2013.

Rombongan dipimpin oleh Ketua Komisi D, Gun Gun Gunawan dan diterima langsung oleh Ketua Komisi IV DPRD Brebes, Ahmad Torikhin SH dan Wakilnya, H. Suprapto. Sejumlah pejabat SKPD mitra kerja, seperti dari  Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Dinsosnakertrans) turut hadir dalam pertemuan tersebut.

Ketua Komisi D, Gun Gun Gunawan mengatakan, kunjungan ke Brebes dalam kaitannya untuk persiapan pembahasan Raperda tentang ketenagakerjaan di daerahnya.

"Apalagi, kami di sana sering menjadi sasaran demo buruh. Padahal, masalah ini sebetulnya juga menjadi kewenangan pihak lain. Sementara, keberadaan Dewan Upah tidak berkoordinasi dengan legislatif. Ini yang menjadi alasan kami mengunjungi Brebes," katanya.

Ahmad Torikhin menyampaikan, kondisi ketenagakerjaan di Kabupaten Brebes juga tidak jauh berbeda dengan di Bandung. Saat ini, Pemkab telah menetapkan UMK sebesar Rp 850 ribu perbulan untuk pekerja. Namun, baru hanya sekitar 30 persen pengusaha saja yang mematuhi.

"Kami juga sama saja, tidak pernah dilibatkan oleh Dewan Upah soal ketenagakerjaan. Padahal, sebagai wakil rakyat mestinya DPRD juga punya peran mengawal kebaikan untuk masyarakat pekerja," terangnya.

Usai bertukar pengalaman dan kondisi di daerah itu, masing-masing pimpinan Komisi legilator daerah itu saling tukar cendera mata sebagai tanda mata dan persahabatan kedua daerah.

 


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita