Senin, 15/07/2013, 06:24:26
Untuk Arus Mudik, Jembatan Sungai Keruh Dibuka 2 Jalur
Laporan Zaenal Muttaqin

Kendaraan dari dua arah melinta s di Jembatan sungai Keruh yang telah dibuka dua jalur (Foto: Zaenal Muttaqin)

PanturaNews (Brebes) - Menjelang arus mudik Lebaran, jembatan Sungai Keruh di jalan lingkar luar Kecamatan Bumiayu, Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, kembali dibuka untuk lalu lintas dua jalur. Sebelumnya jembatan hanya dapat dilalui kendaraan satu jalur bergantian dari dua arah, atau buka tutup akibat oprit jembatan ambrol.

"Sudah dibuka mulai kemarin sore, sekarang sudah dapat dilalui kendaraan dari dua arah bersamaan," ujar Kapos Lantas Bumiayu, Aipda Srigiyanto, Senin 15 Juli 2013.

Menurutnya, kondisi jembatan aman untuk dilintasi kendaraan dari dua arah meski perbaikan pada jembatan tersebut belum selesai. Rambu-rambu dan pembatas jalan tidak lagi terpasang, yang ada hanya drum untuk membatasai bagian pinggir jalan yang ada tumpukan material.

"Kondisi jembatan dan bagian oprit yang selumnya amblas kini aman dan dapat dilintasi kendaraan," kata Srigiyanto.

Dikatakan, meski telah di buka untuk dua jalur pengguna jalan tetap untuk waspada dan hati-hati saat melintas di jalur tersebut. Mengingat kondisi jalan yang menurun dari arah selatan dan menanjak dari arah sebaliknya serta menikung.

"Aspal jalan juga belum rata sehingga perlu kehatian-hatian melintasi jembatan tersebut," ucapnya.

Sementara itu, pengamatan di lokasi jembatan di jalan yang menghubungkan antara jalur pantura dengan jalur selatan pulau jawa itu, nampak beberapa pekerja sedang melakukan membuat bekisting untuk pemasangan beton siklup pengaman pondasi dan oprit jembatan.

Seperti diketahui, oprit jembatan Sungai Keruh di Jalan Lingkar Kecamatan Bumiayu, ambrol diterjang arus deras sungai dan banjir, Januari 2013 lalu. Menyusul peristiwa itu, arus lalulintas kendaraan dari arah Tegal maupun Purwokerto diberlakukan bergantian dan sempat pula dialihkan melalui jalur kota Bumiayu.

Oprit jembatan ambrol tidak kuat menahan terjangan arus deras sungai setelah hujan lebat yang turun sejak pukul 14.00 WIB. Oprit jembatan ambrol sepanjang 15 meter lebar 5 meter dan tinggi 7 meter. Lebih dari separuh badan jalan juga tergerus, sehingga keselamatan pondasi jembatan juga sempat terancam.


 
komentar
Belum ada komentar untuk ditampilkan pada artikel ini.

Komentar Berita