daerah »
Senin, 30/11/2015 04:13:59 Wib
Bupati Brebes Sampaikan Lima Pesan Presiden RI

PanturaNews (Brebes) - Puncak peringatan Hari Ulang tahun Ke-44 Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI) tingkat Kabupaten Brebes, Jawa Tengah, ditandai dengan penyelenggaraan upacara bendera di Alun-Alun kota Brebes dengan pembina Upacara Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE.

Upacara yang diikuti seluruh Pegawai Negeri Sipil  (PNS)di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Brebes berjalan hikmat . Dengan petugas upacara terdiri dari Perwira Upacara Papang Yudi Prasetyo S.Sos,. Kemudian, sebagai Komandan Upacara Drs. Hermawan Adi Nugroho ME, pengibar bendera Irvan Rizki S.STP, Fandi Ahmad S.STP, Hafid Nanda S.STP, dan pembaca Undang Undang Dasar 1945 Tiara Rizkalia S.IP, serta pengucap Panca Prasetya KORPRI Hadi Widyaningrum.

Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE meminta seluruh anggota KOPRI terus meningkatkan propesionalismenya didalam memberikan pelayanan kepada seluruh lapisan masyarakat, untuk melakukan lima amanat.

Lima amanat itu diantaranya, yang pertama, melakukan percepatan reformasi birokrasi di semua tingkatan. “Lakukan reformasi birokrasi tanpa basa-basi.  Cari terobosan serta cara-cara baru dengan menghindari business as usual. Berbagai upaya perbaikan harus terus dilakukan dari hulu sampai hilir, baik pada area perubahan mental aparatur, kelembagaan, ketatalaksanaan, SDM aparatur, akuntabilitas, pengawasan, peraturan perundang-undangan, maupun area perubahan pelayanan public,” ungkapnya.

“Rakyat ingin segera melihat terwujudnya birokrasi yang bersih dan akuntabel, birokrasi yang efektif dan efisien, birokrasi yang melayani bukan dilayani, serta birokrasi yang memberikan pelayanan publik yang berkualitas,” sambungnya.

Amanat kedua, yaitu bangun mentalitas baru yang positif, yang berintegritas, yang memiliki etos kerja, dan yang berjiwa gotong royong. Bongkar pola pikir dan mentalitas-mentalitas lama yang negatif.

“Jadikan revolusi mental sebagai gerakan bersama seluruh anggota KORPRI.  Bukan sebatas program atau proyek yang digerakkan oleh anggaran. Dengan Integritas, kita kembalikan jatidiri KORPRI sebagai abdi negara yang terpercaya. Dengan Etos Kerja, kita tegaskan kembali KORPRI sebagai abdi masyarakat dan pelayan rakyat yang tangguh. Serta dengan Gotong Royong, kita tegakkan kembali eksistensi KORPRI sebagai motor penggerak pembangunan nasional,” tuturnya.

Ketiga, persiapkan diri menuju birokrasi yang dinamis, inovatif dan responsif terhadap perkembangan zaman. Pangkas semua kerumitan birokrasi serta pastikan masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik dengan kualitas tinggi dan waktu yang cepat. Birokrasi harus adaptif dan inovatif dengan tantangan-tantangan baru. Pelayanan publik harus bisa dilakukan dengan lebih efisien dan kompetitif.

“Untuk itu, saya meminta agar mekanisme kerja birokrasi juga harus berubah ke arah sistem pemerintahan elektronik atau E Government. Mulai dari budgeting, procurement, audit, catalog, purchasing, cash flow management system dan banyak lagi yang lain.

Banyak pekerjaan dalam birokrasi yang bisa dilakukan jauh lebih efisien dengan menggunakan teknologi informasi. Dengan cara itu, pemberian informasi dan pelayanan pada warga bisa dilakukan dengan lebih cepat,” ucapnya.

Keempat, jaga netralitas anggota KORPRI dalam pesta demokrasi, khususnya Pemilu Kepala Daerah yang akan digelar akhir tahun ini. “Saya mengharapkan Saudara-saudara benar-benar menjaga netralitas serta tidak menggunakan fasilitas pemerintah untuk kepentingan kampanye Pemilukada tersebut. Anggota KORPRI harus fokus pada tugas dan fungsinya, sehingga dapat memberikan pelayanan publik terbaik kepada masyarakat tanpa ada diskriminasi kepada siapapun juga,” paparnya.

Adapun amanat yang kelima, yaitu semua aparatur birokrasi harus menjadi motor penggerak produktivitas nasional dan daya saing bangsa. “Kita telah memasuki era baru, era persaingan yang bukan lagi antar daerah, antar kota ataupun antar provinsi, tetapi sudah memasuki persaingan antar negara,” katanya.

“Saya mengharapkan dukungan penuh dari jajaran anggota KORPRI untuk mengakselerasi peningkatan daya saing bangsa. Kita harus yakin bahwa bangsa kita pasti mampu berkompetisi di era kompetisi regional dan global.

Untuk itu, pada kesempatan ini saya mengajak saudara-saudara sekalian untuk terus meningkatkan kinerja, mendorong efisiensi, memperkuat sinergi, agar pelayanan publik semakin baik serta daya saing bangsa kita pun semakin tinggi. Pada gilirannya semua akan berujung pada peningkatan kesejahteraan rakyat Indonesia, serta penguatan posisi Indonesia di pentas dunia,” imbuhnya.

Usai pelaksanaan upacara, seluruh anggota Korpri menggelar acara resepsi di Pendopo Kabupaten yang diisi acara  pemotongan nasi tumpeng oleh Bupati Brebes Hj. Idza Priyanti, SE yang kemudian diserahkan kepada Kepala Bappeda Kabupaten Brebes Djoko Gunawan dan dilanjutkan ramah tamah dengan hidangan Kupat Blengong Khas Kabupaten Brebes.

 

Berita Lainnya
Jumat, 29/03/2024 10:08:42 Wib
Menghadapi Tantangan Ekonomi: Strategi Adaptasi di Masa Krisis Keuangan
Rabu, 27/03/2024 22:15:20 Wib
Mudik Gratis bagi Warga Brebes yang Merantau di Jakarta. Catat Tanggalnya!
Rabu, 27/03/2024 21:57:14 Wib
Pj Bupati Brebes Promosikan 13 Pejabat, Belasan ASN Dimutasi. Ini Alasannya
Rabu, 27/03/2024 20:51:20 Wib
Selama Digelar Operasi Pekat Candi 2024, Polres Tegal Kota Ungkap 24 Kasus
Rabu, 27/03/2024 15:27:54 Wib
Polisi Tangkap Pemandu Lagu Asal Cirebon saat Pesta Sabu di Kos- kosan Brebes
Rabu, 27/03/2024 00:16:19 Wib
Malam Nuzulul Quran, KPw BI Tegal Buka Bersama Dengan Anak Yatim dan Penyapu Jalan
Selasa, 26/03/2024 22:39:52 Wib
Komentar Coach KY, Kepala Pelatih Persab Terkait Hasil Drawing Putaran Nasional Liga 3 di Grup A
Selasa, 26/03/2024 22:27:41 Wib
Jelang Arus Mudik, Dishub Brebes Cek Kelayakan Sejumlah Kendaraan
Selasa, 26/03/2024 10:50:14 Wib
SKB Kurang Layak, Persab Tak Penuhi Syarat Jadi Tuan Rumah Putaran Nasional Liga 3 2023/2024
Senin, 25/03/2024 22:39:21 Wib
Brebes Masih Tempati Peringkat Pertama di Jateng Soal Banyaknya Kasus Angka Kematian Ibu
Senin, 25/03/2024 22:28:49 Wib
Pasca Penetapan Suara, Ketua DPC PDIP Brebes Serahkan Berkas Pengunduran Diri Caleg Anaknya ke KPU
Senin, 25/03/2024 16:45:09 Wib
Mengenal Abu Al-Wafa, Tokoh Matematikawan Muslim Dunia
Senin, 25/03/2024 16:38:27 Wib
Gantikan Dedy Yon, Dadang Somantri Resmi Jabat Pj. Wali Kota Tegal
Senin, 25/03/2024 09:20:51 Wib
Para Pengusaha Muda Hantar Wakil Walikota Tegal Pulang ke Rumah Pribadinya
Senin, 25/03/2024 00:18:00 Wib
Pererat Tali Silaturahmi di Bulan Ramadhan, Ridhohul Khukam Gelar Bukber dengan Para Aktivis
Perhatian

Wartawan PanturaNews dilengkapi indentitas yang tertera pada box redaksi, jika terjadi pemungutan uang dalam peliputan berita. Hubungi Kantor Redaksi:Jl. Ayam No 29 Randugunting Kota Tegal atau E-mail:redaksi@panturanews.com atau HP:081575522283